12.658 Siswa SMA/SMK Mengikuti UAN 2016

Sebanyak 12.658 siswa SMA/SMK sederajat di Kabupaten Kediri, melaksanakan Ujian Nasional (UN) mulai hari ini Senin (4/4). Seperti tahun sebelumnya pelaksanaan UN terbagi atas Computer Based Test (CBT) atau sering disebut ujian online dan Papper Based Test (PBT) atau ujian yang dikerjakan via kertas LJK.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Sunaryo, mengatakan sejauh ini pelaksanaan di lapangan berjalan baik dan lancar. Kendati begitu kesiapan setiap sekolah mengantisipasi beberapa kendala teknis tetap dilakukan.

“Alhamdulillah lancar. Sejauh ini belum ada laporan trouble jaringan bagi CBT atau masalah soal di PBT. Kendati begitu sekolah tetap kita intruksikan siap dengan ruang komputer cadangan, genset, beserta operatornya.” Jelas Sunaryo ketika ditemui Kominfo saat meninjau SMK N 1 Ngasem.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Sunaryo, tahun ini jumlah sekolah yang menggunakan ujian online / CBT meningkat secara drastis. Dari sebelumnya tahun lalu berjumlah 7 sekolah sekarang menjadi 17 sekolah.

“UN tahun depan seluruh sekolah di Kabupaten Kediri sudah menggunakan CBT. Bila sekolah tersebut belum siap diinstruksikan untuk bergabung dengan sekolah yang sudah terfasilitasi computer dan internet.” Imbuh Sunaryo.

UAN SMA 3Didampingi Plt. Kepala Dinas Dikpora, Sunaryo dan Kabag Humas Kabupaten Kediri, M. Haris Setiawan, Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, juga meninjau pelaksanaan UN di sejumlah sekolah di Kabupaten Kediri. Pada kesempatan pertama beliau mengunjungi SMK Ahmad Yani Gurah dilanjutkan SMK Pawiyatan Daha.

Dalam kesempatan ini dr. Hj. Haryanti Sutrisno melalui Plt. Kepala Dinas Dikpora, Sunaryo berpesan agar siswa tetap semangat dalam mengerjakan UN kendati tidak secara langsung menentukan kelulusan. “Enjoy saja, tetap belajar tekun, jaga kondisi kesehatan agar tetap fokus mengerjakan UN dan mendapat nilai yang membanggakan.” Pesannya. (Kominfo)

Leave a Reply