INFORMASI HASIL ADK PER TANGGAL 12 JUNI 2015 DAN PETUNJUK PERBAIKAN MENGGUNAKAN ADK VERSI 1.2 UNTUK PENERBITAN SKTP GURU JENJANG DIKMEN (SMA DAN SMK)

Berdasarkan email dari Direktorat P2TK dikmen per tanggal 12 Juni 2015 , ada beberapa informasi yang perlu kita sampaikan tentang penerbitan SK Tunjangan Profesi Guru Jenjang Dikmen ( SMA dan SMK )

Informasi tersebut antara lain :

  1. Ada sekitar 200  guru dikmen di Kab. Kediri yang data ADK nya masih bermasalah sehingga berakibat SK Tunjangan profesinya belum bisa diterbitkan oleh Direktorat P2TK Dikmen, agar SK Tunjangan profesinya bisa terbit mohon teman-teman guru bisa memperbaiki data ADK nya menggunakan Aplikasi ADK versi 1.2 lewat operator sekolah masing-masing
  2. Karena disekolah masih menggunakan ADK versi 1.1 maka operator sekolah silahkan UNDUH / DOWNLOAD ADK versi 1.2 DISINI dan setelah terunduh lakukan peng install an di computer bapak ibu  ( ingat aplikasi ADK harus ditaruh di drive C, sebelum update atau install versi 1.2 lakukan backup data ADK versi 1.1 bapak ibu terlebih dahulu )
  3. Jika sudah download ADK versi 1.2 jangan lupa lakukan download data excel backup ADK hasil verifikasi pusat yang sudah kita pecah per sekolah, data backup ADK hasil verifikasi pusat bisa DIDOWNLOAD DISINI. ( pilih sesuai sekolah bapak ibu masing-masing , khusus guru yang mengajar jam tambahan di luar jenjang dikmen (baik di SMP, MTs, MA ) ADKnya juga kita sertakan dan harap dimasukan juga pada proses import )
  4. Apabila aplikasi ADK versi 1.2 sudah ter install dan data excel backup ADK hasil verifikasi pusat per sekolah sudah di download , buka aplikasi ADK sesuai windows computer bapak ibu apakah yang 32 bit atau 64 bit jangan sampai salah , setelah diaplikasi dibuka lakukan proses import seperti biasanya , setelah terimport diaplikasi akan muncul data guru yang belum bisa ber SK Tunjangan Profesi beserta permasalahnya, periksa kotak yang dibawah sendiri, disana beberapa indikator di mana data itu masih bermasalah, bila di kotak tertulis “ OK “ artinya datanya sudah benar, bila di kotak tertulis “ CEK “ atau tidak ada keterangan (kosong) artinya datanya dibagian itu masih salah   CONTOH  : “NAMA SEKOLAH” OK : “INDUK SEKOLAH” OK : “NUPTK” OK : “NOPES” OK : “NRG” CEK : “JAM LINIER” CEK .     artinya data ADK dari guru tersebut nama sekolah ok (benar), NUPTK ok (bener) NOPES ok (benar) , NRG cek (salah) silahkan di cek dan di perbaiki, JAM LINIER Cek (salah) bisa salah isi atau memang guru ybs mengajar mapel yang tidak linier dengan sertifikatnya.
  5. Setelah dilakukan perbaikan data lakukan backup ADK sekolah dan hasil backup ADK sekolah segera kirim ke Bidang Ketenagaan Dinas Dikpora Kab Kediri terakhir tanggal 22 Juni 2015 ( tidak menerima pengiriman via email )
  6. Mohon perhatian bagi guru yang mengajar di 2 (dua) sekolah atau lebih, baik di jenjang dikmen maupun di luar dikmen tolong di koreksi lagi betul-betul hasil ADK di masing-masing sekolah pastikan data bapak ibu guru sudah benar dan tidak ada perbedaan
  7. Khusus bagi guru yang lulus sertifikasi tahun 2007 dan 2008 yang SK Tunjangan Profesinya belum keluar dikarenakan adanya perbedaan kode mapel sertifikasi yang baru diwajibkan untuk melakukan konversi kode mapel yang baru di LPTK dimana sertifikatnya diterbitkan ( sebelum ke LPTK diharap ke seksi PPK bidang ketenagaan untuk minta pengantar ). TABEL KONVERSI PERUBAHAN KODE MAPEL SERTIFIKASI BISA DIDOWNLOAD DISINI
  8. Khusus bagi guru yang sertifikasinya berangkat/terbit dari jenjang di luar dikmen ( dari SMP, MTs, MA ) serta guru yang termasuk di point 7 dan belum ber SK Tunjangan Profesi, harap direkap dengan format excel yang bisa DIDOWNLOAD DISINI
  9. Bila masih ada pertanyaan dan kesulitan silahkan segera koordinasi dengan petugas di seksi pendidik bidang ketenagaan Dinas Dikpora Kab. Kediri.

Catatan penting :

  1. Hasil back up ADK sekolah yang di kirim ke Dinas harus dan wajib menggunakan ADK versi 1.2 jika ada yg melakukan pendataan di aplikasi versi 1.1 maka akan menyebabkan eror data di kabupaten tersebut sehingga menghambat proses sk di kabupaten/kota tersebut.
  2. Data backup ADK sekolah yang dikirim ke Dinas hanya yang bermasalah atau yang belum terbitsaja untuk memudahkan proses validasi di Pusat.
  3. JANGAN MENGERJAKAN DI EXCEL ADK, karena akan merusak seluruh data.

Leave a Reply