Informasi Rapat koordinasi dan evaluasi Dinas Pendidikan Kab.Kediri

Pendidikan merupakan proses membangun peradaban bangsa yang integral dan bertumpu pada konsep pertumbuhan, pengembangan, pembaharuan untuk memajukan dan peningkatkan kualitas sumber daya manusia, sesuai dengan peran dinamika kehidupan globalisasi yang mega kompetitif.

Pelimpahan kewenangan atau desentralisasi bidang pendidikan dari pemerintah pusat ke pemerintah propinsi dan kabupaten mengalami masa transisi yang perlu diantisipasi secara mantap dan sinergis , dalam upaya menyinkronkan kebijakan mupun program pendidikan untuk menjamin keberhasilan pendidikan yang optimal efisien dan efektif.

Memperhatikan hal-hal tersebut, Dinas Pendidikan Kab. Kediri bermaksud menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Bidang Pendidikan dengan maksud meletakkan arah pembangunan pendidikan di Kab. Kediri , sebagai upaya terwujudnya pencapaian sasaran pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Kediri.

Sasaran Kebijakan Pembangunan Pendidikan diarahkan pada tiga pilar pembangunan Pendidikan, meliputi:
1. Peningkatan kualitas , relevansi dan daya saing pendidikan .
2. Pemerataan dan perluasan akses pendidikan pada semua jenis dan jenjang pendidikan
3. Penguatan tata kelola dan pencitraan publik (Good Governance) di bidang pendidikan.

Kegiatan ini diharapkan memberikan kontribusi terwujudnya kesepakatan program dan kebijakan pembangunan dibidang pendidikan yang saling mendukung untuk kepentingan pembangunan pendidikan di Kabupaten Kediri. Maka diperlukan suatu forum koordinasi untuk mengakomodir kepentingan pendidikan mulai dari tingkat pusat hingga sampai ke sekolah, serta dapat mengidentifikasi permasalahan dan upaya pemecahanya, untuk mewujudkan persamaan persepsi pembangunan pendidikan di Kab.Kediri antara Dinas Pendidikan Kab. Kediri, Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan, serta lembaga-lembaga sekolah untuk mewujudkan pendidikan yang merata, bermutu, berdaya saing dan relevan dengan kebutuhan masyarakat serta berwawasan kebangsaan yang berbasis pengetahuan dan teknologi.

B. Dasar

1. Undang-Undang No. 25 Tahun 1999, tentang Perimbangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah;
2. Undang-Undang No. 32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah;
3. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
4. Undang-Undang No. 32 Tahun 2004, tentang Kewenangan Pemerintah Daerah dan Propinsi sebagai Daerah Otonomi;
5. Peraturan Daerah Kabupaten Kediri Nomor 5 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kediri 2006-2010;
6. Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2000 jo. Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2002, tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas-Dinas Daerah;
7. Keputusan Bupati Kediri Nomor 76 Tahun 2003 , tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri
8. Keputusan Bupati Kediri No. Tahun Tanggal , tentang Pengesahan Rencana Anggaran Satuan Kerja Tahun 2008
9. Renstra Dinas Pendidikan Kab. Kediri.

C. Tujuan

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Tahun 2008 ini bertujuan :

1. Mengevaluasi Capaian Kinerja tahun 2008, termasuk terhadap masalah dan hambatan yang diketemukan;
2. Mensosialisasikan dan memantapkan Rencana Kerja tahun 2009, sehingga didapatkan persamaan persepsi dan keserasian dalam pengelolaan pembangunan pendidikan di Kabupaten Kediri;
3. Menjaring informasi – informasi sebagai bahan masukan penyusunan rencana tahun 2010.

D. Tema

”Dengan Rapat Koordinasi dan Evaluasi kita mantapkan Pembangunan Pendidikan Menuju Peningkatan mutu pendidikan di Kab.Kediri”

E. Hasil yang diharapkan

1. Terwujudnya persamaan persepsi mengenai kebijakan pembangunan pendidikan di Kabupaten Kediri.
2. Adanya kesamaan pandangan mengenai permasalahan dan cara penyelesaiannya dalam pengelolaan pembangunan pendidikan di Kab. Kediri

F. Substansi Kegiatan dan Materi

Materi yang disiapkan dalam upaya mencapai tujuan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dinas Pendidikan ini terdiri atas bahan yang bersifat informatif dan dokumen kebijakan yang terdiri atas:

1. Evaluasi dan Capain Kinerja Tahun 2008.
2. Sosialisasi dan Pemantapan Rencana Kerja Tahun 2009.
3. PerjaringanMasukan untuk program 2010.
4. Informasi- informasi tentang Kepengawasan dan Kepenilikan.
5. Informasi- informasi lain.

G. Nara Sumber

1. Ketua Bappeda Kabupaten Kediri
2. Drs. Supriyono Subakir , Mpd
3. Ketua Dewan Pendidikan
4. Drs. Eko Budi Santoso
5. Rusmadi
6. Drs. Imam Misrul, MM
7. Drs. Sujud Winarko, MM

Peserta

Peserta dan undangan adalah pihak-pihak yang terkait dengan Pembangunan Pendidikan di Kab. Kediri, sejumlah 250 orang yang meliputi:

1. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kediri : 1 Orang

2. Kepala Bagian dan Kepala Subdin : 5 Orang

3. Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi : 17 Orang

4. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan : 24 Orang

5. Pengawas SMP/SMA/SMK : 4 Orang

6. Pengawas TK/SD/SDLB : 24 Orang

7. Penilik Dikluspora : 24 Orang

8. Kepala Sekolah SMP dan SMA Negeri : 65 Orang

9. Pengurus MKKS SMA Swasta : 3 Orang

10. Pengurus MKKS SMK Swasta : 3 Orang

11. Pengawas MKKS SMP Swasta : 3 Orang

12. Pengurus MKKS SLB : 3 Orang

13. Perwakilan Kepala SD : 48 Orang

14. Pengurus IGTKI : 3 Orang

15. SKB : 3 Orang

16. Pengurus Dewan Pendidikan : 3 Orang

H. Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dinas Pendidikan ini dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu, tanggal 23- 24 Desember 2008 bertempat di Hotel Bukit Daun, Jalan Argo Wilis – Semen Kab. Kediri.

I. Pembagian Kelompok

Dalam upaya mencapai tujuan agar efektif dan efisien, peserta diskusi dalam Rapat Koordinasi Dan Evaluasi ini dibagi dalam 4(empat) Kelompok, yaitu:

1. Kelompok TK-SD, beranggotakan Subdin TK-SD, Pengawas TK-SD, Kepala SD, Pengurus IGTKI, Pengurus MKKS SLB.
2. Kelompok SMP-SMA-SMK, beranggotakan Subdin SMP-SMA-SMK, Pengawas SMP-SMA-SMK, Kepala Sekolah SMP-SMA Negeri, Pengurus MKKS SMA Swasta, Pengurus MKKS SMP Swasta, Pengurus MKKS SMK Swasta.
3. Kelopok Dikluspora, beranggotakan Subdin Dikluspora, Penilik Dikluspora, dan SKB
4. Kelompok Penguatan Tata Kelola Kelembagaan, beranggotakan Bagian Tata Usaha, Subdin Ketenagaan, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan.

J. Jadual

Jadual kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dinas Pendidikan Kab. Kediri, terlampir.

K. Tata Tertib Rapat Koordinasi dan Evaluasi

Peserta Rakorev Dinas Pendidikan Tahun 2008 wajib menaati Tata Tertib sebagai berikut:

1. Peserta wajib mengikuti seluruh acara yang dijadualkan kecuali dengan alasan yang dapat diterima oleh panitia.

2. Peserta wajib menandatangani Daftar Hadir yang telah disediakan panitia.

3. Peserta diminta siap di ruang sidang 10 (sepuluh) menit sebelum acara dimulai.
4. Pakaian peserta adalah pakaian dinas yang berlaku pada hari itu.
5. Hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah bahwa akomodasi dan konsumsi peserta, selain yang disediakan oleh panitia merupakan tanggung jawab peserta yang bersangkutan sepenuhnya.
6. Hal-hal lain yang perlu mendapat perhatian dan belum tercantum dalam Tata Tertib ini, akan disampaikan kemudian.
L. Penutup

Panduan ini disusun sebagai pedoman bagi seluruh peserta Rapat Koordinasi dan Evaluasi tahun 2008, hal-hal yang belum dituangkan dalam panduan ini akan diberitahukan kemudian.

Leave a Reply