Pusat Layanan dan Call Center Dapodik

Dalam rangka pemeliharaan data Nomor Pokok Sekolah
Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Siswa Nasional
(NISN) serta untuk mengoptimalkan komunikasi
antara operator dapodik di pusat dan daerah, Biro
Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Setjen
Depdiknas pada saat ini telah memfasilitasi
layanan konsultasi melalui call center dapodik.
Waktu layanan call center dapodik masih
disesuaikan dengan jam kerja di lingkungan Kantor
Depdiknas Pusat yaitu:

Hari : Senin – Jumat
Waktu : Pukul 08:00 s.d. 16:00 WIB
Istirahat : Pukul 12:00 s.d. 13:00 WIB

Sehubungan dengan hal di atas, maka di bawah ini
kami sampaikan nomor jaringan telepon atau
faksimili yang dimanfaatkan, yaitu: 021-57905777,
021-57905184, 021-57904069 dan faks. 021-57950230.
Disamping itu kami informasikan bahwa layanan
call center tersebut akan mulai efektif pada
tanggal 7 September 2009.

Diharapkan dengan adanya call center dapodik ini
dapat membantu operator pendataan di tingkat Dinas
Pendidikan Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam
menyelesaikan permasalahan dan dapat melakukan
updating data sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
Surat edaran mengenai call center dapodik bisa
diunduh (download) pada menu Download.

Persyaratan & Ketentuan Layanan

I. UMUM
1. Akun Dapodik beserta apapun yang ada didalamnya merupakan bagian dari Data Pokok Pendidikan Nasional/Dapodik, secara bersama disebut Layanan yang diterbitkan dan dikelola oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Sekjen Depdiknas.

2. Pengelola adalah Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Sekjen Depdiknas yang bertanggung jawab terhadap pengembangan, operasional dan dukungan teknis sistem pada Layanan Data Pokok Pendidikan Nasional.

3. Pengguna adalah Unit-unit Kerja Depdiknas, Dinas Pendidikan tingkat Propinsi/Kota/ Kabupaten serta Sekolah-sekolah negeri atau swasta yang sah dan legal baik dibawah naungan Depdiknas maupun Depag termasuk para pejabat dan karyawan didalamnya yang telah diotorisasi dan diberi hak akses atau Akun Dapodik oleh Pengelola sesuai prosedur yang berlaku.

4. Dengan menggunakan Layanan ini Pengguna menyetujui sepenuhnya persyaratan dan ketentuan yang diuraikan di dalam pemberitahuan Ketentuan Penggunaan. Jika Pengguna tidak menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, harap jangan gunakan Layanan ini.

II. KETENTUAN PENGGUNAAN

1. Data siswa yang dikelola pada Layanan NISN terbatas pada atribut data dasar yaitu: Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Alamat, Jenis Kelamin, Asal Sekolah (NPSN), dan Tingkatan Kelas.

2. Sumber data siswa termasuk validasi dan verifikasi keabsahannya sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Pengguna khususnya sekolah dan dinas pendidikan setempat.

3. Operasional pengelolaan data siswa mencakup pemutakhiran data, mutasi siswa, reset, pengajuan, dan proses lainnya sebagaimana tersedia pada web operator, sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Pengguna khususnya sekolah dan dinas pendidikan Kota/Kabupaten sesuai hak akses masing-masing.

4. Pengguna diberi kesempatan luas dan bertanggung jawab sepenuhnya untuk mengembangkan dan memperluas atribut data siswa lainnya melalui sistem layanan lain yang dibangun secara mandiri atau bekerjasama dengan pihak ketiga dengan memanfaatkan fasilitas sistem interkoneksi melalui API Dapodik (Application Programming Interface Dapodik) yang disediakan oleh Pengelola.

III. KEBIJAKAN INFORMASI

1. Penggunaan Akun Dapodik dan isinya disediakan untuk kemudah pengelolaan administrasi kependidikan baik bagi sekolah maupun dinas pendidikan. Oleh sebab itu, informasi yang tersedia merupakan sepenuhnya tangggung jawab dari sekolah dan Pengguna dan tersedia apa adanya dan sebagaimana tersedia, tanpa jaminan jenis apapun

2. Pengelola tidak akan dikenakan tanggung-jawab atas kerusakan langsung, tidak langsung, tidak disengaja, khusus atau secara konsekuensi, kerugian atau gangguan yang timbul dari penggunaan atau kesalahan informasi yang diberikan oleh Pengguna

3. Pengguna memahami sepenuhnya terhadap pemanfaatan informasi dengan memanfaatkan API Dapodik oleh pengguna ataupun pihak ketiga, pemanfaatan informasi dan fasilitas layanan tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengguna.

IV. KETENTUAN PENGGNAAN AKUN

1. Untuk menggunakan layanan operator Dapodik, Pengguna akan diberikan sebuah akun tertentu sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pengguna dilarang menggunakan akun milik pihak lain tanpa izin.

2. Pengelola akan mengakhiri akses pengguna layanan operator Dapodik bila menurut pertimbangan Pengelola bahwa Penggna telah melanggar Persyaratan Penggunaaan.

3. Saat melakukan proses permintaan dan aktifasi akun, anda harus memberikan informasi yang lengkap dan akurat. Penggna secara sendiri bertanggung jawab atas aktivitas yang dilakukan akun miliknya, dan berkewajiban mengamankan kata sandi yang dimilikinya.

4. Pengguna berkewajiban segera melaporkan Pengelola apabila terjadi penyimpangan keamanan atau penggunaan tanpa izin atas akun anda.

5. Pengelola tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas kerugian akibat penggunaan akun Pengguna oleh pihak yang tidak berwenang, Pengguna bertanggung jawab penuh atas kerugian akibat penggunaan akun Pengguna oleh pihak yang tidak berwenang.

V. PENGHAPUSAN/ PENONAKTIFAN AKUN

1. Pengguna sepakat bahwa Pengelola dalam keadaan tertentu dengan pemberitahuan terlebih dahulu melalui e-mail, surat, media ataupun pada situs ini dapat dengan segera mengakhiri akun yang diberikan kepada Pengguna, dan layanan akses yang terkait dengan akun tersebut dengan alasan tapi tidak terbatas pada :

1. Permintaan dari penegak hukum atau badan pemerintah
lainnya
2. Permintaan Anda (penghapusan akun berdasarkan kehendak
sendiri)
3. Tidak dilanjutkannya atau ada perubahan materi dari Layanan
(atau bagian daripadanya)
4. Masalah teknis, masalah keamanan atau gangguan lain yang
tidak terduga sebelumnya
5. Keterlibatan Anda dalam tindakan penipuan/perbuatan curang
atau tindakan ilegal lainnya

2. Selanjutnya, Pengguna setuju bahwa semua pengakhiran akan dilakukan sepenuhnya atas pertimbangan Pengelola dan bahwa Pengelola tidak bertanggung jawab kepada Pengguna ataupun pihak ketiga atas pemutusan akun Anda atau akses ke Layanan.

VI. PERUBAHAN ATURAN

Pengelola dapat memperbaiki, menambah, atau mengurangi ketentuan ini setiap saat, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya. Seluruh Pengguna terikat dan tunduk kepada ketentuan yang telah diperbaiki/ditambah /dikurangi.

Leave a Reply