SMS CENTER MEDIA INFORMASI HARGA KOMODITAS PERTANIAN DI KABUPATEN KEDIRI

 

banner-sms-center

Pemerintah Kabupaten Kediri memberikan perhatian penuh untuk kesejahteraan petani, hal ini diwujudkan dengan membangun aplikasi yang disebut SMS Center. Melalui aplikasi ini, para petani di Kabupaten Kediri bisa mengecek harga komoditas pertanian setiap hari melalui sms ke nomor khusus.

1 Louncing SMS CenterIde aplikasi SMS Center merupakan hasil buah pemikiran Bupati Kediri dr.Hj. Haryanti Sutrisno yang pada saat blusukkan ke para petani sering dan melihat serta memperoleh keluhan secara langsung dari para petani tentang banyaknya praktek tengkulak atau pedagang yang sering merugikan para petani dalam memainkan peran penentuan harga.

Para petani sering dirugikan dengan harga yang murah pada saat menjual hasil taninya kepada tengkulak tetapi ternyata tengkulak menjual dengan harga yang tinggi pada masyarakat atau pasar. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang informasi harga pasar para petani. Ujar dr.Hj. Haryanti Sutrisno.

Bupati Kediri dr.Hj. Haryanti Sutrisno melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri Ir.Adi Suwignyo,MSi pada saat Pelatihan Aplikasi SMS Center mengatakan bahwa tujuan dibangunnya aplikasi ini berawal dari keadaan petani yang menjual hasil panenannya dengan harga murah karena mereka tidak mengetahui harga rill di Pasar.

“dr.Hj. Haryanti Sutrisno menginginkan agar para petani bisa mengetahui harga komoditas pertanian setiap hari melalui sms. Selama ini petani menjual hasil panenannya dengan harga murah karena tidak tahu harga rill di pasaran, diharapkan dengan aplikasi sms center ini petani bisa tahu harga dan menjual dengan harga pasar sehingga kesejahteraan mereka meningkat,” Kata Adi Suwignyo.

Pelatihan Aplikasi SMS Center yang diselenggarakan pada hari Kamis (16/4/2015) di Aula2 Loncing sms center Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Jalan Sekartaji Nomor 2 Desa Doko Kecamatan.Ngasem dihadiri Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Data Elektronik, Staf Dinas Kominfo Kabupaten Kediri serta peserta pelatihan dari Dinas Lingkup Pertanian seperti Dinas Pertanian, BKP3, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Perikanan, serta Dinas Koperindag.

Pada pelatihan tersebut, peserta yang merupakan Petugas Survey Harga di pasar-pasar se Kabupaten Kediri diajari cara mengirim harga melalui SMS ke system, data yang diinput oleh Surveyor akan diolah untuk menjadi informasi harga yang diberikan ke masyarakat melalui SMS Center.

Sementara untuk masyarakat yang ingin mengetahui harga komoditas pertanian bisa mengirim SMS dengan format harga*komoditas*kecamatan ke Nomor 08562100300 sebagai contoh harga*beras*pagu maka aplikasi akan memberikan balasan kepada pengirim tentang harga beras di Kecamatan Pagu. (Kominfo).

 

Sumber : https://kedirikab.go.id/component/content/article/1945-sms-center-media-informasi-harga-komoditas-pertanian.html

Leave a Reply